Frequently Asked Questions
Cara Penyelesaian Gagal Pembatalan PR
Cara Penyelesaian Gagal pembatalan PR
Salam Pasti Peduli,
Perlu diketahui, bahwa untuk Akses pembatalan PR (Purchase Receipt) hanya bisa dilakukan oleh APA atau APP .
Ada beberapa kendala yang bisa terjadi saat pembatalan PR. Antara lain :
1.Tidak muncul pilihan batalkan transaksi. Penyebabnya antara lain :
a. memang tidak diberikan akses untuk Pembatalan PR
b.Karena masih ada PI yang belum dibatalkan (PI status Proses)
2. Muncul keterangan PR Cancel Invoice
- Penyebab yang paling umum adalah adanya PI dengan status tunda.
- Cari PI dari PR tersebut melalui : Report --> Laporan Pembelian
- Pilih Tracking Purchase History
3. Isikan periode transaksi dan kode Suplier --> Pilih Lihat Laporan
4. Akan muncul tampilan sebagai berikut :
Keterangan dari tampilan diatas adalah :
- Untuk faktur nomor 2, PR tidak akan muncul pilihan batalkan dikarenakan PR sudah ditarik menjadi PI. Yang Harus dilakukan adalah membatalkan PI terlebih dahulu, lalu membatalkan PR
- Untuk Faktur nomor 10, PR memiliki status disetujui, dan ada pilihan batalkan PI. Tetapi, pada saat dilakukan pembatalan yang terjadi adalah “pembatalan PR gagal, Pesan Kesalahan : PR cancel Invoice”. Hal ini disebabkan karena PR sudah ditarik PI meskipun status PI masih Tunda. Yang harus dilakukan adalah : melanjutkan input PI sampai proses(muncul nomor PI), lalu dibatalkan PI dan PR nya.
Terima kasih telah membaca sampai akhir, selamat mencoba.
Last updated Tue, Oct 3 2017 12:00am