Frequently Asked Questions
1.Untuk beberapa kali terdapat tiket sudah dibuatkan retur nihil tetapi returnya tidak bisa muncul saat pembayaran hutang.
2.Hal itu dikarenakan retur nihil merupakan retur yang tidak mengacu atau menarik (terhubung) dari transaksi penerimaan barang (PR) maupun tagihan pembayaran (PI) sehingga tidak otomatis muncul saat PI dipanggil. Retur nihil dibuat secara langsung sesuai dengan nota retur nihil yang diperoleh dari PBF. Retur nihil berisi nama PBF, data item dan jumlahnya yang diretur, serta nominal harganya. Retur nihil ini akan digunakan untuk mengurangi nilai yang harus dibayar saat pelunasan hutang.
3.Biasanya di dalam transaksi pelunasan hutang dagang di OK Soft, setelah selesai mengisi nama PBF dan mengklik amplop biru untuk menginput PI-PI mana saja yang akan dilunasi, user akan mencentang / cek list PI-PI yang akan diinput lalu mengklik tambah faktur pembelian sehingga Data PI akan langsung turun ke bawah dan retur nihil tidak terbawa.
4.Untuk itu sisakan satu PI yang akan di lunasi (saat memilih no PI yang akan dilunasi), jangan di centang PI tersebut tetapi langsung klik saja nomornya.
5.Lalu klik amplop biru di kolom memo debit. Kotak dialog akan muncul dan silahkan untuk dapat ditambahkan retur nihil yang akan
digunakan.
6.Setelah dipilih, klik icon tambah, maka retur nihil sudah ikut terbawa dan mengurangi nominal pelunasan.
Sekian,
Terima kasih